SUKIYAKI ala DONO KASINO INDRO

Diposting oleh Iwanwahyu pada 08:46, 22-Sep-11

--------------
Sukiyaki adalah irisan tipis daging sapi,
sayur-sayuran, dan tahu di dalam panci besi
yang dimasak di atas meja makan dengan cara
direbus. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam.
Eitz..eitz..
Tapi bukan makanan itu yang akan kita bahas
disini..
Melainkan sebuah lagu berjudul SUKIYAKI
yang fenomenal dan ada historical story-nya.. Makanya untuk sesi kali ini diberi nama
SIDANG BELAGU.. Tentang lagu SUKIYAKI... Adakah diantara
Jlun Buddy yang tahu lagu itu?
Lagunya populer banget loh...
Jangankan di Jepang.. bahkan di berbagai
negara, termasuk Indonesia juga..
Dinyanyikan dan dibuat cover version-nya oleh lebih dari 100 artis dan penyanyi dari
seluruh dunia.
Bahkan, waktu saya nyoba download lagu
Sukiyaki versi asli (Jepangnya), saya sempet
salah download (dapetnya malah versi bahasa
Inggris yang dinyanyikan oleh 4PM).. Tapi justru lagunya malah enak sih.. karena
dibawakan secara akustik.
Oh ya, Lagu Sukiyaki ini juga pernah
dinyanyikan dan diplesetkan liriknya oleh Alm.
Kasino dalam film Warkop judul "Pintar-
Pintar Bodoh" (tahun 1980). Nyanyian Kasino ini lebih terkenal dengan nama "Nyanyian
Kode ".
Yuk telusuri lebih jauh lagi!!
------------------------
"Sukiyaki" adalah judul lain untuk lagu yang
dikenal di Jepang dengan judul "Ue o muite arukou” yang dinyanyikan oleh Kyu Sakamoto
dan diciptakan oleh Rokusuke Ei and Hachidai
Nakamura.
Di luar Jepang, lagu ini lebih dikenal dengan
judul "Sukiyaki."
Di tahun 1963, lagu ini menempati peringkat nomor satu dalam jumlah penjualan di
Amerika Serikat, rekor yang sampai saat ini
belum bisa dipecahkan oleh lagu berbahasa
Jepang lainnya. Lagu ini pertama kali dirilis di Jepang oleh
Toshiba di tahun 1961. Pada tahun 1963,
perusahaan rekaman Inggris berlabel Pye
Records mengeluarkan cover version yang
diberi nama "Sukiyaki" dibawakan Kenny Ball
and his Jazzmen. Lagu ini diberi judul "Sukiyaki" dengan alasan judul dalam bahasa
Jepang panjang dan susah diucapkan oleh
penutur bahasa Inggris. Judul "Sukiyaki"
tetap dipertahankan oleh Capitol Records
dan His Master's Voice sewaktu merilis lagu
asli yang dinyanyikan Kyu Sakamoto berturut-turut di Amerika Serikat dan
Inggris beberapa bulan kemudian. Judul lagu "Sukiyaki" tidak ada hubungannya
dengan masakan Jepang yang namanya juga
Sukiyaki. Di dalam lirik dan arti lagunya sama
sekali tidak menyinggung soal makanan. Judul
"Sukiyaki" dipilih karena pendek dan mudah
diingat, lagipula Sukiyaki adalah masakan Jepang yang banyak dikenal di negara Barat.
Arti lirik sebenarnya dalam bahasa Jepang
menjadi tidak penting, apalagi waktu itu
bahasa Jepang cuma sedikit dimengerti oleh
orang di luar Jepang. Melodi lagu ini terdengar seperti lagu
gembira bagi pendengar yang tidak
memperhatikan lirik lagu yang sebenarnya
bernada sedih.
------------------------
Warkop DKI (Dono-Kasino-Indro), sang legenda di dunia perpelawakan di Indonesia.
Walaupun gaya guyonan mereka slapstick,
mudah di tebak (kalo jaman sekarang gaya
kaya gitu sudah dianggap basi) namun mereka
tetaplah maestro yang hampir semua filemya
dapat mengocok perut berjuta pemirsa Indonesia. Di dalam salah satu adegan film Warkop yang
berjudul "Pintar-Pintar Bodoh", ada bagian
dimana Kasino menyanyikan lagu SUKIYAKI
(tapi diplesetkan lyricnya).
Adegannya adalah ketika Dono dan Kasino
menjadi pencopet yang beraksi di sebuah rumah makan. Mereka menyamar menjadi
pengamen, Kasino yang nyanyi sedangkan
Dono mengiringi dengan alat musik Kecrek-
kecrek (nggak tau mau namain apa).
Wuih lirik lagunya kacau abis! (tapi emang
kocak banget sih..) Coba deh simak! Kasino dan Dono masuk ke dalam warung.
------------------
Kasino: Malam…. (lalu nyanyi)
Ue womboo... arukooo...
Namidana kodoreee narioooo...
Omoiratsuuu... natsu no hiii... Yang baju merah jangan sampe lolos... Siawasi wa… (Tiba-tiba 2 waria menghampiri
Kasino)
Banci 1 : Lagunya baru?
Kasino : Cerewet!!
Banci 2 : Kasetnya dah beredar, Om?
Kasino : Ntar gue tabok lu ye! Gue heran! Ah, gue jadi lupa!
Gara-gara banci gue mesti masuk reff lagi.
Brengsek pada! (meneruskan nyanyi)
Siawasi wa uono ueni...
Yang baju merah jangan sampe lepas..
Lu jangan liat cewe..
Ntar buronannye lepas... (Dono : Lagu apaan
tuh?) Ini lagu gue boleh mengarang sendiri (Dono :
Malu-maluin)
Nyanyian kode, nyanyian kode (Dono : Kode
buntut)
Buntut pala lu, buntut pala lu Siawasi wa uono ueni
Lu jangan godain cewe aje (Dono: Ngawur
ah!)
Lu bego kagak ngarti (Dono: apaan?)
Gue nyanyiin kode
Kode-kode, tak kode kode... tak goblog kode, tak goblog kode
tak goblog kode.. tak goblog kode..
De… kode… kode…
Lu bego.. bego bener!!
Download lagunya disini: unduh* Biar lebih seru liat deh videonya LIHAT =============
Itu tadi seri plesetan lagu SUKIYAKI.. nah
berikut ini adalah versi aslinya! SUKIYAKI
by Kyu Sakamoto
*Released 1961 in Japan, 1963 in the US/UK*
------------------------

Intro:
G Em Bm D Verse 1:
G Em G Em
Ue o muite, arukou
Marilah berjalan sambil mendongak ke atas G Bm Em7 D
Namida ga kobore nai you ni
Supaya air mata tidak jatuh ke pipi." Chorus 1:
G Am C B7
Omoidasu, haru no hi
Mengingat hari-hari musim Semi G C Bm Am7 G C Bm Am7
Hitori bochi no yoru
Merupakan malam kesendirian ku Verse 2:
G Em G Em
Ue o muite, arukou G Bm Em7 D
Niji’nda hoshi o kazoete
Menghitung bintang dengan mata basah Chorus 2:
G Am C B7
Omoidasu, natsu no hi.
Mengingat hari-hari musim Panas G C Bm Am7 G G7
Hitori bochi no yoru Bridge 1:
C G G7
Shiawase wa kumo no ue ni
Kebahagiaan ada di balik awan C Cm G Fdim D7
Shiawase wa sora no ue ni
Kebahagiaan terletak di atas langit Verse 3:
G Em G Em
Ue o muite, arukou G Bm Em7 D
Namida ga kobore nai you ni Chorus 3:
G Am C B7
Nakinagara, aruku
Berjalan sambil menangis G C Bm Am7 G C Bm Am7
Hitori bochi no yoru Interlude: (bersiul)
G Em (2x), G Bm Em7 D Chorus 4:
G Am C B7
Omoidasu, aki no hi.
Mengingat hari-hari musim gugur G C Bm Am7 G G7
Hitori bochi no yoru Bridge 2:
C G G7
Kanashi-mi wa hoshi no kage ni
Kesedihan terletak dalam bayangan bintang C Cm G Fdim D7
Kanashimi wa tsuki no kage ni
Kesedihan bersembunyi pada bayangan bulan Verse 4:
G Em G Em
Ue o muite, arukou G Bm Em7 D
Namida ga kobore nai you ni Chorus 5:
G Am C B7
Nakinagara, aruku G C Bm Am7 G C Bm Am7
Hitori bochi no yoru G C Bm Am7 G C Bm Am7
Hitori bochi no yoru Outro: (bersiul)
G Em (x2), G Bm Em7 D
Download lagunya di unduh

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

1 tanggapan untuk "SUKIYAKI ala DONO KASINO INDRO"

Eko_Tonggeng pada 10:35, 22-Sep-11

Kunjungan persahabatan sore gan...
Ijin nyimak aja...
Nice post n sukses slalu...

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar